Rabu, 25 Oktober 2023

Tugas Akhir PembaTIK Level 4 Tahun 2023

Tugas Akhir PembaTIK Level 4 Tahun 2023 memiliki beberapa ketentuan umum dan ketentuan khusus yang harus dipenuhi oleh Sahabat Teknologi Kemendikbud Ristek 2023. 

Adapun Ketentuan umum, antara lain :
  1. Peserta merancang dan mengimplementasikan inovasi pembelajaran berupa salah satu model pembelajaran inovatif berbasis TIK yang berpusat pada murid dan bersifat kolaboratif dengan memanfaatkan Platform Teknologi.
  2. Peserta melakukan kegiatan berbagi praktik inovasi pembelajaran yang telah dirancang dan diimplementasikan oleh Peserta ybs, secara tatap maya dan tatap muka.
  3. Peserta membuat vlog yang berisi dokumentasi dari inovasi pembelajaran yang dirancang serta dokumentasi kegiatan berbagi praktik baik implementasi inovasi pembelajaran tersebut.
  4. Peserta menuliskan deskripsi pelaksanaan setiap kegiatan berbagi secara tatap maya dan muka yang dilakukan, pada blog.
  5. Peserta juga menyematkan tautan vlog yang sudah dibuat ke dalam postingan blog.
  6. Penilaian dilakukan pada aktivitas yang terdokumentasikan melalui tulisan dalam blog peserta secara komprehensif. Blog memuat tautan vlog dan dokumentasi keseluruhan kegiatan tatap maya dan muka yang sudah dilakukan.
  7. Peserta menuliskan tautan/link laman blog di dalam formulir Tugas Akhir PembaTIK 2023
  8. Batas waktu pengumpulan tugas akhir: 25 Oktober 2023
  9. Penilaian dilakukan berdasarkan aspek-aspek berikut:
    • aspek kebermanfaatan, yaitu implementasi model pembelajaran inovatif berbasis TIK berpusat pada murid dengan memanfaatkan Platform Teknologi dalam pembelajaran sesuai kebutuhan dan didiseminasikan dengan baik melalui kegiatan tatap muka/maya pada wilayah sekitar sekolah/kota/kab/provinsi.
    • aspek kreativitas dan inovasi, memuat kreatifitas peserta dalam aktifitas berbagi dan berkolaborasi praktik inovasi pembelajaran secara tatap muka/maya, serta jenis dan jumlah dokumentasi praktik baik melalui berbagai kanal.
    • aspek teknis, memuat kejelasan maupun kemenarikan tampilan dan struktur isi media dokumentasi dan publikasi yang didistribusikan melalui blog & vlog.

Sedangkan Ketentuan Khusus yang harus dipenuhi, antara lain:

1. Merancang Inovasi Pembelajaran

Peserta merancang dan mengimplementasikan inovasi pembelajaran berupa salah satu model pembelajaran inovatif berbasis TIK yang berpusat pada murid dan bersifat kolaboratif dengan memanfaatkan Platform Teknologi 

2. Kegiatan Berbagi Inovasi Pembelajaran

3. Vlog Inovasi Pembelajaran

4. Blog Inovasi Pembelajaran

Dengan memenuhi semua ketentuan khusus tersebut, diharapkan Sahabat Teknologi Kemendikbud Ristek 2023 dapat menyelesaikan tugas akhir PembaTIK Level 4 Tahun 2023 dengan baik dan sukses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar