Rabu, 25 Oktober 2023

Diseminasi Praktik Baik Pembelajaran berbasis TIK oleh Sahabat Teknologi Sulawesi Tenggara Tahun 2023

Diseminasi Praktik Baik Pembelajaran berbasis TIK oleh Sahabat Teknologi Sulawesi Tenggara Tahun 2023




Sahabat Teknologi Sulawesi Tenggara telah melakukan diseminasi praktik baik pembelajaran berbasis TIK. Diseminasi ini bertujuan untuk memperkenalkan berbagai praktik pembelajaran yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) kepada guru dan kepala sekolah baik secara maya maupun tatap muka.

Dalam diseminasi ini, Sahabat Teknologi Sulawesi Tenggara memperkenalkan berbagai aplikasi dan platform pembelajaran berbasis TIK yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Selain itu, dibahas juga mengenai tata kelola pembelajaran berbasis TIK yang baik dan efektif.

Sahabat Teknologi Sulawesi Tenggara berharap dengan diseminasi ini, guru dan kepala sekolah dapat lebih mengenal dan memanfaatkan TIK dalam pembelajaran. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Sulawesi Tenggara dan membawa manfaat yang besar bagi pendidikan utamanya satuan pendidikan yang berada di wilayah kerja Sahabat Teknologi Kemendikbudristek 2023, yakni Kecamatan Rarowatu Utara.

  • Berbagi Praktik Baik Pemanfaatan Akun Belajar.id dan PMM di Yayasan Al-Izzah Bombana pada tanggal 6 Oktober 2023 yang dimulai pada pukul 14.00 - selesai. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Ketua Yayasan Al Izzah Bombana dan dihadiri oleh Bapak dan Ibu guru TK dan SD Islam Terpadu Al Izzah Bombana sebanyak 11 orang. 


  • Berbagi Praktik Baik Pemanfaatan Pemanfaatan Google Workspace for Education pada SMA Negeri 15 Bombana berlangsung pada tanggal 8 Oktober 2023 yang dimulai pada pukul 13.00 - 17.30 Wita dihadiri 12 orang peserta yang terdidi dari Pengawas, Kepala Sekolah dan Guru  SMA Negeri 15 Bombana.

  • Diseminasi Praktik Baik Pembelajaran Berbasis TIK secara daring melalui Platform Merdeka Mengajar (PMM) dilaksanakan pada tanggal 18 Oktober 2023 pukul 19.30 - 21.30 WITA kolaborasi antara 3 Sahabat Teknologi Sulawesi Tenggara Tahun 2023,  dan difasilitasi oleh Komunitas Belajar Sahabat PembaTIK Sulawesi Tenggara. Dalam diseminasi ini saya berkolaborasi dengan dua orang Sahabat Teknologi 2023 Sulawesi Tenggara, yaitu Nurliana dan Mery Aryanti dari Kabupaten Buton Utara. Diseminasi melalui G-Meet dipandu oleh moderator yaang mumpuni, yakni Bapak Honayapto dan dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Buton Utara bapak Drs. Kusman Suria, M.AP. Saya memaparkan tentang pemanfaatan Akun Belajar.id dan Chromebook dimana akun belajar.id dan chromebook ini digunakan untuk pemanfaatan Google Workspace for Education, Canva for Education dan juga Quiziz. Sementara itu rekan saya, sahabat teknologi dari Buton Utara, Ibu Nurliana, memaparkan tentang Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dengan Memanfaatkan Platform Canva, Pemanfaatan Platform Quizizz dalam membuat Assesmen Diagnostik/Formatif/Kuis sehingga menjadi lebih interaktif bagi siswa, serta memperlihatkan video pembelajaran yang memanfaatkan Platform Canva dan Capcut. Selanjutnya Sahabat Teknologi Ibu Mery memafarkan praktik baiknya tentang Platform Perbukuan Indonesia, PMM, Heyzine pada Canva, dan Quizizz.  Disesi diskusi kami saling berkolaborasi menjawab sejumlah pertanyaan dari peserta.  Diseminasi praktik baik secara daring ini dihadiri oleh 48 orang peserta. Adapun jumlah peserta webinar yang mengisi daftar hadir dapat dilihat pada link berikut: https://s.id/Rekap_Absen_Webinar_Diseminasi_Praktik_Baik



  • Diseminasi Praktik Baik Pembelajaran Berbasis TIK secara tatap muka dilakukan di 3 sekolah yang ada di kecamatan Rarowatu Utara, pertama di SDN 102 Aneka Marga pada tanggal 19 Oktober 2023 dihadiri oleh Kepala Sekolah SD Negeri 102 Aneka Marga dan 6 orang gurunya.


  • Selanjutnya pada tanggal 21 Oktober 2023 Diseminasi Praktik Baik Pembelajaran Berbasis TIK dilakukan di SD Negeri 91 Aneka Marga yang juga dihadiri oleh Kepala sekolah dan 7 orang gurunya. 

  • Dan diseminasi terakhir yang dilakukan di SD Negeri 52 Hukaea berlangsung pada tanggal 24 Oktober 2023 pukul 09.00 sampai selesai dan dihadiri oleh Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bombana, Kepala SD Negeri 52 Hukaea beserta 9 orang guru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar